Rabu, 08 Mei 2013

Tips Cara Bermain Melodi Gitar

Tips Cara Bermain Melodi Gitar


  1. Potong rapi kuku pada jari tangan kiri Anda.Sebelumnya saya sarankan anda memotong/merapikan kuku jari-jari tangan kiri anda. Ini sangat berguna, karena nantinya jika kuku jari tangan kiri anda panjang-panjang maka anda akan susah untuk menekan senar-senar pada fret gitar.
  2. Menggunakan Teknik Up Down Stroke

    Teknik Up Down adalah memetik senar dengan menggunakan pick atau kuku dengan cara khusus. Cara khusus-nya adalah jika biasanya kita memetik hanya dengan mengayunkan pick/kuku kebawah, maka teknik ini mengharuskan anda memetik senar gitar dengan cara mengayunkan kuku/pick kebawah dan keatas secara berurutan.

    Hasilnya adalah anda dapat menciptakan kecepatan petikan yang 2x lebih cepat dari pada melakukan petikan kebawah saja.
  3. Melatih kecepatan jari anda dalam bermain gitar

    Kecepatan jari tangna sangat berperan penting dalam bermain melodi gitar. Tanpa kecepatan yang tinggi seorang gitaris tidak akan bisa memainkan melodi melodi cepat yang indah. Semakin cepat kecepatan jari seorang gitaris juga menandakan semakin hebatnya gitaris tersebut.

    So, bagi anda gitaris sejai, selalu asah kemampuan/kecepatan jari tangan anda dimanapun dan kapanpun

    Untuk lebih jelasnya tentang tips ini, silahkan baca artikel, klik > http://rebabocara.blogspot.com/2011/05/cara-melatih-kecepatan-jari-tangan.html
  4. Menggunakan Tab Gitar

    Tab gitar adalah sejenis tanda baca untuk bermain melodi gitar dari sebuah buku, ataupun video. Jika di piano kita memakai notasi balok untuk membaca not/nada, maka di gitar kita mempunyai sebuah tab/tablature. Jadi bisa dikatakan tab gitar adalah notasi baloknya gitar.

    Berbeda dengan notasi balok yang menggunakan durasi, di tab gitar tidak disediakan durasi, atau berapa lama senar harus dipencet.

    Untuk mengetahui dan belajar tentang tab gitar silahkan baca artikel berikut ini, klik > http://rebabocara.blogspot.com/2011/02/cara-membaca-tablature.html
  5. Menguasai teknik hammering
    Hammering atau Hammer-on adalah sebuah teknik gitar yang sudah dipakai oleh banyak gitaris hebat sejak dulu. Teknik gitar ini sangat sederhana yaitu dengan membunyikan dua sampai 4 nada sekaligus hanya dengan sekali petik. Bagaimana ini bisa dilakukan? Caranya sangat mudah yaitu dengan cara menggunakan 4 jari tangan kiri dengan sedikit sentuhan khusus.

    Untuk memperdalam tentang teknik hammering silahkan baca tutorialnya, klik > http://rebabocara.blogspot.com/2011/06/rahasia-menguasai-teknik-hammering.html
  6. Menguasai teknik sliding

    Teknik sliding juga banyak dipakai oleh gitaris-gitaris hebat seperti Joe Satriani, Paul Gilbert, dll. Teknik sliding yaitu teknik gitar yang dilakukan dengan cara menyeret jari tangan kiri ke nada yang lebih tinggi, atau sebaliknya menyeret jari tangan ke fret yang lebih rendah. Untuk panduanya, silahkan klik > http://rebabocara.blogspot.com/2011/06/cara-memainkan-teknik-sliding.html
Oke, hanya itu saja tips trik cara bermain melodi gitar yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat banyak bagi kalian yang ingin belajar bermain gitar. Berlatihkan sesering mungkin jika anda ingin menjadi pemain gitar yang benar-benar hebat. Karena dengna latihan tidak ada hal yang tak mungkin asalkan kita mau berusaha.

0 komentar:

Posting Komentar